Selasa, 02 April 2013

Kenapa Geng Populer Suka Nge-bully?



Ada dua jenis bully. Ada bully yang nggak enak, ada bully yang enak. Yang nggak enak, jelas bullyyang sering terjadi di sekolah-sekolah, di perkumpulan atau tempat tongkrongan, bisa di mana aja –yang juga dianggap keren, padahal nggak keren sama sekali–. Kalau yang enak, ya nasi kebully. Enak banget lengkap sama kerupuk, bawang goreng, sama kacangnya. Jadi laper nih NYUNYU.

NYUNYU mau bahas bully yang nggak enak, soalnya ini bermasalah banget nih. Biasanya yang suka nge-bully itu geng yang populer. Kenapa? Ini alasannya…

  1. Tadinya Gak Populer
Ada geng-geng yang menjadi populer justru karena mereka suka nge-bully. Dulunya sih hanya anak biasa yang gak dikenal-kenal banget. Lalu mereka ngegunain bullying buat mendongkrak popularitasnya… alhasil satu sekolah jadi takut dan segan “main api” sama mereka.

  1. Seragam dan Kompak
Biasanya geng populer tuh kompak banget sampe apa-apa itu samaan. Misalnya yang satu suka warna pink, nah, besoknya satu geng pada pake barang-barang serba pink. Jadi kalo mereka lagi jalan rame-rame itu sangat mencolok dan berbeda dari teman-teman lainnya. Karena keseragaman dan kekompakannya itu sering ngebuat temen lainnya jadi takut. Coba bayangin aja kamu dihadapkan sekelompok polisi atau sekelompok dokter. Lalu, bandingkan jika kamu ketemu ada satu polisi, lagi bareng sama satu dokter, satu pemadam kebakaran,  satu satpam, dan satu penjaga tol…. sereman mana?

  1. Ngerasa Paling OKE!
Geng populer itu biasanya PEDE banget. Ngerasa gak ada yang oke selain mereka. Jadi mereka merasa berhak menegur, menyalahkan bahkan menghukum anak-anak yang dianggap salah oleh mereka. Misalnya menurut mereka anak yang suka K-Pop itu gak banget. Bisa-bisa kalo ada anak yang gila K-Pop dipaksa dengerin dangdut setiap pulang sekolah. Pokoknya mereka menentukan mana yang oke mana yang enggak deh. Kasian…. Padahal mereka belum sodaraan sama RCTI.

  1. Guru-guru Juga Takut
Ini nih yang sering ditemukan! Gimana teman lainnya gak takut dan terima-terima aja di-bully?!?! Orang guru-gurunya juga takut sama geng itu… Mungkin fenomena ini muncul gara-gara sinetron Indonesia yang sering bikin karakter guru yang suka dikerjain sama geng-geng populer. Atau orang tua si anak-anak geng populer ini dulunya satu sekolah sama gurunya dan guru itu suka di-bully sama geng orang tua mereka semasa sekolah dulu… semacam trauma gitu dan…………semacam ngarang. Atau bisa juga orang tua para anggota geng populer itu punya predikat ‘sesuatu’. Padahal orang tua pangkat atau posisi orang tua nggak bisa jadi penghalalan buat nge-bully.

  1. Banyak yang Mau Jadi Bagian dari Mereka
Kenapa mereka bisa punya power? Ya, karena banyak dari teman-teman lainnya yang pengin masuk geng mereka. Jadi, bisa manfaatin anak-anak yang mau melakukan apa saja asal bisa masuk geng tersebut. Mungkin mereka jomblo terlalu lama jadi norak karena akhirnya merasa diinginkan. Tapi, hal baik dari semua itu… untungnya mereka cuma punya power kalo mereka sampe punya ranger juga, sekolah kamu dalam mara bahaya karena jadi sasaran empuk monster.

Begitulah. Menurut NYUNYU bully-bully-an itu nggak keren banget. Jadi, kalo mau terkenal, pake cara yang positif aja, misalnya lewat prestasi. Gitu baru keren. Gimana menurut kamu soal bullyini? Setuju sama NYUNYU? Mana suaranya di kolom comments. Kwuk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar