Selasa, 02 April 2013

F1 2013



“Vrooooooooooooooooooooooooooooom!!”

Suara gerungan mesin nan gahar kaya di atas bakalan mulai sering kita denger lagi dari layar televisi, suara mesin apaan tuh kira-kira? Mesin giling tebu? Mesin jait tukang permak lepis? Atau, mesinnya kau cari pengganti diriku saja? (mestinya, sob)

Salah semua tebakannya (kayak ada yang nebak aja, kan udah ketauan dari judulnya), yang benar adalah mesin FORMULA 1. Yep! Musim balap F1 2013 sudah resmi dimulai! By the way, seri pertama musim ini udah berlangsung kemaren, tanggal 17 Maret 2013 di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, dan dimenangkan oleh juara dunia tahun 2007, Kimi Raikkonen. Sedangkan musim 2013 ini akan berakhir pada tanggal 24 November di Sao Paulo, Brazil.

Peraturan
Terus, apa yang bikin musim F1 2013 ini spesial bin istimewa sampe-sampe harus diangkat jadi artikel oleh majalah online sekelas NYUNYU? Tentunya ada dong, kalo gak ada ngapain dijadiin artikel. Di musim ini, bakalan jadi tahun terakhir para pabrikan menggunakan mesin V8 2,4 litre, karena mulai tahun depan para pabrikan diwajibkan mesin V6 1.6 litre turbocharged oleh FIA(Fédération Internationale de l'Automobile). Jadi hampir bisa dipastiin kalo tahun para tim peserta bakalan berlomba-lomba untuk mendapatkan gadis pujaannya meraih hasil maksimal dengan mesin yang dipake saat ini, soalnya musim depan belum tentu mereka bisa langsung beradaptasi sama mesin barunya.


Di tahun ini juga bakal ada peraturan-peraturan baru buat para pembalap dan pabrikan peserta F1, peraturan yang sebenernya banyak yang menentang karena dianggap bakal mengurangi daya tarik F1. Tapi ya namanya juga peraturan, kalo udah dibuat dan ditetapin ya mau gak mau harus dipatuhin. Peraturannya lumayan banyak, jadi NYUNYU gak bisa jabarin satu-satu, kalo kamu mau liat bisa klik ini aja.

Tim Dan Pembalap
Hampir sama seperti musim sebelumnya (2012), musim ini F1 bakalan diramein sama 22 pembalap dari 11 tim peserta. Ada beberapa perubahan dari line up pembalap masing-masing tim dibandingin musim lalu, karena ada beberapa pembalap yang pindah tim. Juara dunia tahun 2008, Lewis Hamilton, yang meninggalkan McLaren memutuskan mengikat kontrak dengan jangka tiga tahun bersama Mercedes, dan posisi Hamilton ini digantikan pembalap dari tim Sauber, Sergio Perez. Juga ada beberapa nama-nama baru yang dipromosikan timnya bakal menghiasi arena balap F1 tahun ini.


Jadwal
Gimana dengan kalender balapan alias jadwalnya? F1 2013 bakalan menggelar 19 seri balapan, dari awalnya 20 seri yang kemudian dipangkas. Tapi menurut yang punya F1, bapak Bernie Ecclestone, ini masih bersifat tentatif alias bisa berubah lagi ditambahin jadi 20, liat nanti aja. Kalo mau liat jadwal lengkapnya bisa klik di sini.

Nah, seri kedua di musim ini bakalan diselenggarain di negara tetangga kita, alias Malaysia. Tepatnya Minggu, (24/3/2013) di Sirkuit Sepang. Tuh buat yang duitnya banyak bisa buruan pesen tiketnya. Kalo NYUNYU mah nonton di TV aja, lagi bobokekek soalnya, kwuk! Kecuali ada yang mau ongkosing NYUNYU, sih. #namanyajugausaha

Yang pasti, mari kita nantikan kiprah para jagoan-jagoan aspal ini berlaga di musim ini. Mampukah sang juara bertahan, Sebastian Vettel, mempertahankan gelar mahkotanya sebagai yang terbaik di dunia pada tahun lalu dan mengulanginya kembali pada tahun ini? Ataukah akan muncul sang juara baru yang mampu memberi kejutan bagi kita semua para penggemar balap Formula? Kita tunggu saja bersama-sama. (paragraf yang terakhir ini bahasanya udah kaya komentator di TV belum?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar