Selasa, 02 April 2013

Google Mengajarkan Pemilik Situs Bagaimana Menyembuhkan Situs Yang Terkena Hack


Tidak ada situs yang benar-benar kebal akan tindakan hack, tetapi ada beberapa hal yang pastinya dapat dilakukan oleh pemilik situs untuk pulih dari serangan itu. Oleh karena itu, Google meluncurkan seri terbarunya akan "Help for Hacked Site" untuk mengajarkan webmaster bagaimana menghindari terkena hack dan bagaimana memulihkan situsnya jika mereka terkana serangan tersebut.
Bagian pertama dari seri ini mengarah ke user non-teknikal, sedangkan lanjutan dari seri ini diarahkan ke user yang dapat membaca kode dan mengerti penggunaan terminal command (perintah terminal).
Keseluruhannya, seri ini berisikan sekitar 80 menit video dan beberapa artikel yang membahas dari dasar sampai cara menyembuhkan situs web Anda, menggunakan tool, injeksi SQL, membaca file log dan sebagainya.
warning malware ahead
Seri-seri ini juga membahas mengenai bagaimana user dapat memastikan agar Google melepas peringatan "This site may harm your computer" atau "This site may be compromised" pada pencarian Google sesudah situs terkait diperbaiki.
"Pada saat kami mencoba menyebutkan tahap-tahap yang diperlukan untuk penyembuhan," Program Developer Google, Maile Ohye menyatakan,"setiap tugas merupakan hal yang sulit bagi pemilik situs terkecuali mereka mempunyai pengetahuan perintah sistem administrator dan pengalaman dalam kode." Oleh karena ini, Google menyediakan Forum Webmaster bagi pemilik situs untuk bantuan tambahan.
Help for Hacked Site didesain untuk menjawab pertanyaan dan membantu user untuk mengetahui tahap-tahap yang perlu dilakukan sesudah penyerangan terjadi, dan bagaimana mencegah penyerangan tersebut.
Step to Recovery
Tahap-tahap tersebut adalah:
Setiap tahap ini juga diikutsertakan dengan videonya tersendiri untuk membantu dalam proses. Seberapa besarpun Google ingin membantu pemilik situs dengan dibuatkannya seri ini, akan tetapi mereka juga mengakui bahwa beberapa tahap ini cukuplah sulit dan membutuhkan pengetahuan lebih lanjut untuk melakukan pemulihan situs terkait.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar