Kamis, 04 April 2013

Kegunaan Location di Social Media



“Kamu di manaaaa…? Dengan siapaaaa…? Semalam berbuat apa…”
Kayaknya lagu di atas udah menginspirasi banyak orang ya, terutama para pengguna social media, yaitu dengan nyalain fitur location di akun socmed mereka. Yang lebih terinspirasi lagi pastinya yang bikin apps-nya.

Sekarang makin banyak apps yang punya fitur location ini, mulai dari Foursquare, Twitter, Facebook, Instagram, Path, sampe Instaplace. Makanya, pengguna socmed jadi makin banyak juga yang make location. Tapi sebenernya emang apa sih kegunaan location itu? Menurut pantauan NYUNYU, kegunaan location itu, sebagai berikut:

  1. Pamer
Anak gaul zaman sekarang belum lengkap kalau ke tempat gaul tapi gak aktifin fitur location disocmed. Ya biar pamer gitu, “Helloooo, gue lagi di [nama tempat keren] nih!” Biarpun ada yang gak aktifin location, pasti ditulis manual, misalnya, “at Cape ngopi-ngopi lucu”. Anehnya pamer locationini pas di tempat-tempat keren doang. Jadi eksisnya nanggung, lain kali kalo lagi lewat kuburan atau Bantar Gebang juga langsung aktifin location-nya.

  1. Mengenang tempat sama mantan
Ini berlaku buat mantan pacar atau gebetan atau selingkuhan. Pokoknya fitur location ini sering juga dipake buat ngasih tau ke mantan kalau dia lagi flashback ke tempat yang pernah mereka datengin bareng. Sayangnya, orang yang kayak gini terlalu ge’er akunnya bakal di-stalk sama mantan, padahal belum tentu.

  1. Kode
Baik yang udah punya gebetan ataupun masih jomblo, fitur location bisa dijadiin ajang lempar kode sembunyi mention. Sebenernya sih pengen ngomong, “Hey, aku lagi di sini looooh. Kamu samperin aku dooong,” dalam hati. Apa daya nyali buat mention gak ada, jadilah cuma lewat location.

  1. Pengen diculik
Kalau anak-anak pejabat seberusaha mungkin menyembunyikan keberadaannya karena takut diculik, beda hal sama jomblo ngenes. Mereka akan dengan senantiasa aktifin location. Sengaja biar ada yang nyulik dia, minimal jadi ada temennya. Sayangnya, karena saking jomblonya, yang nyulik juga ogah. Gak ada yang mau nebus juga.

  1. Takut pacar
Biar si pacar percaya dan gak ngomel-ngomel, maka location harus diaktifin. “POKOKNYA KALAU KAMU LAGI DI MANA-MANA HARUS NGABARIN AKU. LOCATION-NYA HARUS DIAKTIFIN. SEKALI GAK AKTIF, KITA PUTUS!” Parah banget ya. Kwuk!

  1. Memperlengkap peta
Orang yang punya tujuan gini tuh mulia banget hatinya. Dia baik mau mempermudah abang-abang yang bikin peta buat namain jalan-jalan yang belum ternamai di peta. Ya lumayan kan kalau udah lengkap nama jalan yang di peta, bisa gak nyasar.

  1. Memperdalam ilmu geografi
Ini penting. Setiap anak sekolah harus saling mengaktifkan fitur location di socmed masing-masing. Jadi biar bisa tau dan sambil belajar nama-nama jalan dan daerah baru. Mungkin aja nanti nama jalan itu keluar pas ujian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar