Kamis, 04 April 2013

Budaya Di Sana yang Belum Tentu Diterima Di Sini



Di sana itu maksudnya di barat sana ya. Kali-kali aja ada yang enggak ngerti. Kwuk! Artikel ini bukan bermaksud untuk bilang kalau NYUNYU ini burung yang anti-barat, apalagi anti neo-kapitalis lho ya! Ngomong apa sih, NYU. Jadi, NYUNYU kan sering nonton nih layaknya manusia biasa, dan NYUNYU sering ngeliat aja banyak banget hal-hal yang dilakuin sama orang-orang Barat sana, tapi pas NYUNYU lakuin sendiri, kok NYUNYU malah dibilang freak. Itu ternyata emang karena budaya kita yang Timur itu emang beda sama mereka yang ada di belahan dunia barat. Ini beberapa contohnya:

  1. Pick Up Girls at A Bar
Sering banget kan kita ngeliat ada cowok pakaian koboy masuk ke bar, terus duduk, pesen minum, lirik-lirik dikit, ada cewek di meja seberang, kirim segelas minuman ke cewek itu, terus kenalan ngobrol-ngobrol, eh pulang bareng deh. Cobain deh kamu kaya gitu. Pasti orang-orang ngasih pandangan ‘forever alone’ atau ‘haus belaian banget sih’ ke kamu. Syukur Alhamdulillah ada cewek sendirian di bar, di sini pasti datengnya sama temen-temen. Misi untuk dapet di bar dinyatakan : GAGAL.

  1. Cipika – Cipiki ke Yang Bukan Pacar
Iya! Ini juga susah dilakuin disini. Kalau NYUNYU kaya gitu, pasti dianggepnya NYUNYU player. Padahal ya memang… Kwuk! NYUNYU adalah player di game God of Wars (Terserah elu deh, NYU). Kalau di sini, sering-sering cipika cipiki kalau nggak dianggapnya player, sok kenal sok deket atau lebih sering disingkat dengan SKSD, ya paling dipertanyakan kejantanannya. Kan NYUNYU cuma mau akrab aja niatnya. Tapi ya sudah, akhirnya NYUNYU mengalah kepada tuntutan masyarakat untuk tidak cipika-cipiki ke yang bukan pacar (Blah)

  1. Kebiasaan Nge-wine
Selain memang kebiasaan ini mahal adanya, kebiasaan ini juga belum bisa diterima dengan biasa aja di sini. Pertama, karena stigma kalau orang yang kebiasaan minum wine itu alkoholik. Padahal banyak banget penelitian yang udah dilakukan sama pakar kesehatan di berbagai Negara dan bilang kalau minum wine maksimal dua gelas per hari itu baik untuk kesehatan jantung, membangun kekebalan tubuh, membangun massa tulang supaya enggak kena osteoporosis, dan juga bisa nyeimbangin gula darah di tubuh. Apalagi buat yang sukanya makan daging merah, minum wine bisa mempercepat proses oksidasi daging di pencernaan. NYUNYU sih mau-mau aja minum wine setiap hari, tapi kan lagi-lagi semua ditentukan oleh kondisi uang di dompet. Nah kayanya yang jadi masalah orang di sini adalah dosis minumnya deh. Karena kalau kebanyakan ya pasti bikin mabuk. Inget, cuma dua gelas sehari. Bukan dua botol semalam. Kwuk!

  1. Manggil Nama ke Yang Lebih Tua
Cobain aja kamu panggil temen mama kamu pakai nama. Pasti diomelin dan dibilang songong atau enggak sopan. Padahal kalau liat-liat di film atau series Hollywood, gapapa banget orang-orang sana dipanggil pake nama aja sama orang yang lebih muda. Kalau di sini mesti diselipin kakak, tante, mbak, atau panggilan-panggilan untuk menunjukkan kalau dia lebih tua dari kita. Padahal kan keliatan tua enggak enak ya. Kwuk!

  1. Jabat Tangan ke Yang Lebih Tua
Selain kayanya enggak boleh banget manggil nama ke yang lebih tua, jabat tangan aja ke yang lebih tua juga hukumnya enggak boleh banget. Harus salim kalau ke yang lebih tua, karena kalau cuma jabat tangan itu dianggapnya kurang sopan. Kalau NYUNYU sih enggak suka kalau ada yang salim tangan NYUNYU. Pertama, NYUNYU enggak punya tangan, punyanya sayap. Kedua, NYUNYU males cuci tangan kalau-kalau yang salim ke NYUNYU ternyata pake bedak MBK, kan bakal nempel tuh di tangan NYUNYU. Belum lagi kalau ternyata salimnya beneran dicium tangan NYUNYU, kalau ternyata dia abis makan jengkol, apakabar tangan NYUNYU?!

  1. Sendawa di Tempat Umum
Kalau ini sih kita sama kaya budaya di barat. Sendawa di depan umum itu emang kurang sopan dan bikin eneg. Semacam mau muntah tapi enggak jadi. Nah nah, tapi ternyata ada budaya di Korea yang malah menganggap sendawa sebagai pujian. Jadi kalau kamu ke Korea, mau bilang seorang cewek cantik, tinggal sendawa aja. NYUNYU MAU KE KOREA!!!! KUMPULIN UANG BUAT NYUNYU KE KOREAAAA!!! Namanya juga burung, yang namanya sendawa mah gampang banget!!

  1. Tinggal Bareng sama Lawan Jenis
Ini pengalaman pribadi NYUNYU nih di kosan kena grebek gara-gara kosannya campur. Padahal belum tentu juga ngapa-ngapain. Ini juga yang masih belum bisa terima disini, untuk tinggal bareng di satu rumah sama yang lawan jenis. Padahal kalau liat di Friends atau How I Met Your Motherkan enak banget ya tinggal bareng sama temen yang lawan jenis gitu. Kalau di Indonesia pasti dibilangnya kumpul kebo. Padahal kumpulnya sama manusia, dimanaaaa kebonyaaa (apa lu kate dah, NYU)

Segitu deh kira-kira hal-hal apa aja yang kayanya kita ngeliatnya wajar-wajar aja di film-film luar, tapi ternyata belum bisa diterima di sini. Kalau menurut NYUNYU, walau memang ada pepatah: di mana tanah dipijak, di situ langit dijunjung, tapi, selama itu ENGGAK berdampak buruk buat kamu dan orang lain, yah lakuin aja sih. Kwuk!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar