Minggu, 18 Agustus 2013

Yang Harus Dilakuin Pas Pertama Kali Masuk Sekolah/Universitas Baru



Sebentar lagi pelajar-pelajar akan memasuki tahun ajaran baru. Buat yang masih kelas 1 atau kelas 2 sih pastinya tetap berada di lingkungan yang sama, yang berbeda mungkin kelas, wali kelas, dan mungkin juga teman (itu juga palingan beberapa). Tapi teruntuk yang tadinya kelas 3, tentu saja mereka akan menemukan lingkungan yang semuanya serba baru. Mulai dari gedung baru, teman baru, dan juga pengajar baru. Iya, lebih tepatnya mereka akan melanjutkan ke tingkat sekolah yang lebih tinggi lagi. Bisa level SMA, bisa juga level universitas.

Kalau ngomongin masalah yang baru-baru, semua orang pasti mengalami proses adaptasi terlebih dahulu untuk mencapai titik kenyamanan di lingkungan mereka masing-masing. Banyak tipe-tipe adaptasi seseorang. Ada yang adaptasinya sebentar banget, ada juga yang adaptasinya lamaaa banget. Menurut kami, cepat atau lambatnya adaptasi memengaruhi nilai pelajaran juga lho. Dan juga, daripada kamu nanti di sekolah/kampus baru cuma diam di pojokan, ngobrolnya cuma sama tanaman, dan bingung harus berbuat apaan, kami bakalan ngasih beberapa tips nih perihal apa aja yang kamu harus lakuin pas pertama kali masuk.

Ya tujuannya sih biar kamu nggak kaku dan nggak anti-sosial dan tersingkir dari peredaran gitu. Daripada penasaran, langsung simak aja deh yuk tips-tips-nya.

Cari Temen Baru
Bukan cuma manusia yang makhluk sosial, tapi pelajar juga makhluk sosial (lah emang pelajar bukan manusia?). Iya, maksudnya pelajar adalah makhluk sosial karena bergantung sama pelajar lain. Jadi, walaupun status percintaan masih sendiri, bukan berarti di lingkungan yang baru ini kamu juga harus merasakan kesendirian. Carilah teman sebanyak mungkin yang kamu bisa, setelah itu cari yang sekiranya satu tipe dengan kamu, ya yang kira-kira kalau diajak ngobrol selalu nyambung gitu deh.

Dan satu lagi nih saran kami, berkenalanlah sama orang yang ulang tahunnya nggak barengan sama kamu, dengan begitu kamu pasti akan menyadari kalau banyak teman banyak rejeki. Kwukwuk!

Cari Tau Posisi Kantin
Semua pelajar butuh asupan. Selain asupan kasih sayang, asupan makanan dan minuman juga nggak kalah penting nih sebenarnya. Kalo nggak makan, gimana mau kuat pas ngeliat mantan jalan sama orang lain? Nah, untuk mencegah datangnya musibah kelaparan, segeralah cari tau posisi kantin yang ada di sekolah/kampus kamu yang baru itu. Dengan begitu perut dan pikiran pun dijamin bakal aman deh. Ya walaupun biasanya situasi dompet lebih sering kericuhan sih. Kwukwuk!

Jadi kalau kamu udah tau lokasi kantinnya di mana, nggak usah takut lagi deh seandainya nggak sempat sarapan di rumah, toh sesampainya di sekolah/kampus juga tetep bisa sarapan di kantin kan.

Cari Tempat Tongkrongan Cewek/Cowok Kece
Selain menjalankan kewajiban belajar, sebaiknya para pelajar juga tidak memiliki sifat ansos atau anti-sosial. Karena sekarang kita berada di era modern, tentunya nggak cuma keahlian aja nih yang kamu butuhin, tapi dalam hal gaya komunikasi juga penting banget untuk menunjang masa depan kamu.

Menurut kami, cari tempat tongkrongan cewek/cowok yang kece juga penting lho, selain buat ‘cuci mata’, tujuan lain dari tongkrongan ini juga bisa buat nambah-nambahin teman dan nambah wawasan juga sih sebenernya. Sama yang pasti nambah calon gebetan dong tentunya. Karena kalo nggak kenal, gimana mau jadi gebetan coba? Yang kenal aja belum tentu mau digebet.

Memang, terkadang di tempat tongkrongan selalu ada sisi buruknya, tapi buat masalah itu jangan diambil pusing, kamu kan terpelajar, harus bisa memilah dan memilih yang positif.

Cari Temen yang Rumahnya Searah
Beberapa hari yang lalu kita semua tau kalau harga BBM mengalami kenaikan. Buat anak sekolah, 2000 rupiah bisa dibilang berharga banget, bisa dipake ngerental PS setengah jam. Mayan. Masih bisa beli 4 gorengan juga.

Karena dengan naiknya harga BBM selalu berbanding lurus dengan naiknya ongkos transportasi, carilah teman yang kira-kira rumahnya searah dengan kamu. Jadi buat kamu-kamu yang lagi mau berkenalan, jangan cuma nanya namanya aja, tapi tanya rumahnya di mana. Kan siapa tau aja searah sama rumah kamu. Dan kalau ternyata memang searah, coba lihat deh dia kalau ke sekolah/ke kampusnya naik apa. Kalo bawa kendaraan pribadi, waaah kebetulan tuh buat tumpangan. Ya kalau diperlukan buat patungan bensin, ya nggak apa-apalah. Tapi jangan banyak-banyak, patungannya gopek aja. Lumayan lho sisa uangnya bisa dipakai buat kebutuhan yang lain..

Cari Jodoh
Teman udah, tempat nongkrong udah, rasanya kurang banget gitu ya kalau keseharian kita nggak ada yang nemenin. Iya pacar maksunya.

Biasanya, sehabis lulus-lulusan kayak gini selalu diikutin dengan berakhirnya kisah percintaan para pelajar. Kalau bukan akhir, bisa jadi itu awal dari keretakan hubungannya mereka. Biasa, LDR karena beda tempat sekolah lanjutan, atau emang putus dari sebelum UN dengan alasan “mau fokus belajar”.

Nah, kesempatan banget nih buat yang baru masuk sekolah/kampus. Kalau masih baru gini masih banyak lho metode-metode yang bisa digunakan buat ‘modus’, bisa metode nanya tugas, nanya judul buku, atau sekalian nanya pin BB juga bisa. Jadi modusnya terang-terangan gitu.Shanthayyy!

Menurut kami, pacar di lingkungan sekolah/kampus kamu yang baru juga banyak sisi positifnya. Bisa bikin kamu rajin belajar dan pastinya rajin sekolah. Iyalah, siapa coba yang nggak mau ketemu pacar setiap hari... kecuali kamu punya pacar yang lain di sekolah lain.

Setelah dilihat-lihat, ada beberapa ‘kewajiban’ yang kamu bisa lakuin pas pertama kali masuk? Oiya, ada juga nih pepatah yang berbunyi, “tak kenal maka tak sayang”. Hmm, arti pepatah ini sebenarnya bisa diartikan sebagai, kenali lingkunganmu maka kamu juga akan sayang atau betah dengan lingkungan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar