Minggu, 18 Agustus 2013

Aurora dan 10 Tempat Terjadinya Aurora


Aurora adalah fenomena alam yang menyerupai pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetik yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Aurora Borealis
Aurora, sumber gambar: ck-12.org
Bagaimana dengan Aurora di Bumi?
Cahaya hijau yang luar biasa di langit utara yang dingin di atas terdiri dari partikel bermuatan yang dikenal sebagai ionPola berputar-putarnya disebabkan oleh tarikan kutub magnet utara bumiDisebut cahaya utara,hal ini fenomena alam yang menunjukkan bahwa ion merespon medan magnetApakah Anda tahu apa yangitu ionBaca terus untuk mencari tahu. 

Ion adalah atom yang memiliki muatan positif atau negatif karena mereka memiliki jumlah yang tidak samadari proton dan elektronJika atom kehilangan elektronmereka menjadi ion positif, atau kation. Jika atommendapatkan elektronmereka menjadi ion negatifatau anion. Perhatikan Contoh:

  ikatan ion

Bagaimana Ion Terbentuk?
Proses di mana sebuah atom menjadi ion disebut ionisasiIni dapat terjadi ketika atom terkena radiasi tingkat tinggiRadiasi dapat memberikan elektron terluarnya energi yang cukup untuk melarikan diri dari daya tarikdari nukleus positifNamun, sebagian besar ion terbentuk ketika atom mentransfer elektron ke atau dari atomatau molekul lain.

Sifat Ion
Ion sangat reaktifterutama sebagai gasMereka biasanya bereaksi dengan ion muatan yang berlawananuntuk membentuk senyawa netralMisalnyaion natrium positif dan negatif ion klorida bereaksi membentuksenyawa natrium klorida netralumumnya dikenal sebagai garam meja

Hal ini terjadi karena ion malah dibebankan menarik satu sama lainIon dengan muatan yang sama, di sisi lainsaling tolakIon juga dibelokkan oleh medan magnet seperti yang terjadi pada Aurora tersebut.

Inilah Proses Pembentukan Aurora di Bumi.
Aurora adalah cahaya yang tercipta di udara yang disebabkan oleh atom-atom dan molekul yang bertumbukan dengan partikel-partikel bermuatan, terutama elektron dan proton yang berasal dari matahari.

Partikel-partikel tersebut terlempar dari matahari dengan kecepatan lebih dari 500 mil per detik dan terhisap medan magnet bumi di sekitar kutub Utara dan Selatan. Warna-warna yang dihasilkan disebabkan benturan partikel dan molekul atau atom yang berbeda. Misalnya, aurora hijau terbentuk oleh benturan partikel elektron dengan molekul nitrogen. Aurora merah terjadi akibat benturan antara partikel elektron dan atom oksige.

Bagian penting dari mekanisme aurora adalah “angin matahari”, yaitu sebuah aliran partikel yang keluar dari matahari. Angin matahari menggerakkan sejumlah besar listrik di atmosfer (Sabuk Van Allen). Energi ini akan mempercepat partikel ke atmosfer bagian atas yang kemudian akan bertabrakkan dengan berbagai gas. Hasilnya adalah warna-warna di angkasa yang bergerak-gerak.

Tekanan listrik mengeluarkan molekul gas menjadi keadaan energi yang lebih tinggi, yang mengakibatkan lepasnya foton. Warna tergantung pada frekuensi tumbukkan antara partikel-partikel dan gas-gas. Mekanisme ini hampir sama dengan nyala lampu berpendar atau lampu neon. (sumber: http://risnotes.com/2011/10/tentang-aurora/)
Apakah Aurora Berbahaya?
Berdasarkan sumber dari Vivanews Minggu, 29 Januari 2012, 14:59 dipaparkan bahwa:
Warga Norwegia, Islandia, bahkan Inggris  disunguhi pemandangan spektakuler, aurora borealis. Sinar cahaya ini merupakan dampak dari badai matahari terbesar dalam enam tahun terakhir.

Biasanya, aurora ini terlihat hanya di sebagian utara Skotlandia. Tapi, karena ada aktivitas matahari membuat cahaya ini bisa dinikmati warga yang ada di bagian selatan, sampai bagian timur laut Inggris.
Yang berbahaya sebetulnya bukan Auroranya akan tetapi badai mataharinya yang perlu diwaspadai. Menurut Menurut National Oceanic and  Atmospheric Administration (NOAA), badai ini bisa menimbulkan berbagai gangguan saat lonjakan arus listrik, gangguan sinyal radio, televisi, dan telepon. (viva.co.id).

Belum ada pembuktian bahwa Aurora berbahaya bagi manusia. Akan tetapi fenomena ini dapat mengganggu jaringan telekomunikasi (seperti yang dijelaskan oleh NOAA).

Pengaruh proton-proton yang bertumbukkan dengan atom di atmosfer dapat mengganggu penerimaan radio, televisi dan telegram. Hal ini disebabkan karena saat titik-titik di atmosfer terganggu oleh proton dari matahari, atmosfer tidak lagi menahan sinyal dan memantulkannya ke bumi.

Sinyal tersebut justru diteruskan ke luar angkasa. Akibatnya tidak ada sinyal yang diterima televisi, radio atau telegram. Partikel yang bermuatan dalam angin matahari, magnetometer dan ionosfer membawa aliran listrik berskala besar. Jika aliran ini berubah di dekat bumi, dapat menyebabkan kerusakan peralatan listrik.

Gangguan aurora pada kawat telegraf yang paling menakjubkan terjadi di Amerika Serikat. Sebuah aurora fantastis yang terjadi pada bulan September 1851, telah mengganggu seluruh saluran telegraf di New England dan memporak porandakan transaksi bisnis. (sumber: http://risnotes.com/2011/10/tentang-aurora/).

Beberapa Tempat Terjadinya Aurora
Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Pada lintang tertinggi dan terendah di planet, matahariatmosfer dan magnet bertabrakan melukis langit dengan kilauan cahaya menakjubkan kadang hijau kadang bercampur dengan pink atau kemerah-merahan.

Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis yang berarti Dewi Fajar Rom atau Aurora Boreas yang bermakna Angin Utara (dalam bahasa Yunani). Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April.

Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.
 

Berikut Beberapa tempat yang biasanya lukisan indah pesona alam aurora terjadi: 

1. Denali National Park, Sedikit selatan dari Lingkaran Kutub Utara dan hanya beberapa jam dari Fairbanks.

Aurora Borealis
sumber gambar: howstuffitsworks.com

2.  Kota YellowknifeNorthwest Territories Kanada.

gambar aurora
sumber gambar: howstuffitsworks.com
 
3. Murmansk, Kola Peninsula, Russia

gambar bola dunia
Aurora Terlihat Dalam Aliran Sungai: sumber gambar: howstuffitsworks.com
 

4. Kangerlussuaq, Greenland

gambar aurora
sumber gambar: howstuffitsworks.com
   
5. South Pole, Antarctica

gambar aurora
sumber gambar: howstuffitsworks.com
6. Tromso di Norwegia, 

7. Tasmania, Australia

8. Stewart Island, New Zealand

9. South Georgia Island

10.  Ushuaia, Argentina

So Guys, Indah Bukan? Jangan bersedih gak pernah liat langsung yang penting tahu dan bisa melihat dari gambar juga cukup menjelaskan betapa indahnya bumi kita salah satunya karena fenomena alam Aurora.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar