Jumat, 16 Agustus 2013

Alasan-Alasan Orang Pelit Pas Mau Dipinjemin Barang



Sebelum kita tau alesannya, kita harus tau dulu orangnya. Orang pelit itu dibagi dalam dua jenis. Jenis pertama adalah yang pelitnya kronis dan yang kedua adalah pelit dengan maksud baik.

Orang pertama memiliki sifat pelit kronis. Dari lahir udah ada sifat pelit tertanam dalam diri si orang tersebut. Dari bayi kalo nangis udah pelit, cuma oweee-oweee, udah. Dia gak mau lama-lama, kalo mama papanya mau denger dia nangis lagi harus bayar. Pas gede dia juga gak mau sekolah dari TK, langsung SD aja biar irit, terus ngambilnya kelas-kelas aksel, jadi lebih cepet. Orang pelit kronis, biasanya pelit tanpa alesan. Yaudah aja gitu, emang pelit dari sananya. Tapi jenis ini biasanya gak mau kalo dipelitin. Mottonya “cuma gua yang boleh pelit, orang lain gak, kan gua pelit”.

Orang kedua, pelit dengan maksud baik. Dia gak pengin orang lain kerjaannya cuma minta aja, dia pengin orang lain juga bisa kayak dia. Karena menurut doi, semua orang kan sama-sama aja, jadi kalo dia bisa punya, ya yang lain bisa juga. Kalo ada orang yang minta sesuatu sama dia, bakalan gak dikasih sampe emang keliatannya orang itu butuh banget, baru deh.... dia nanya orang lain ada yang punya gak. Biar dikasih sama orang yang minta itu. Pelit juga...

Itulah konsep orang pelit, nah kalo lagi mau dipinjemin barang sama orang, apa aja sih alesan-alesan mereka? Semuanya kita rangkum dari kepanjangan kata PELIT itu sendiri.

P. unya sih, tapi cuma 1

Ketika dipinjemin, mereka bakalan menjelaskan kalo barang yang diminta itu sebenernya ada. Tapi keadaannya gak memungkinkan, karena cuma ada satu, dan lagi dipake pula. Sebenernya sih ya bisa aja dipinjemin, cuma dia takut rusak aja. Tar kalo rusak? Iya kalo diganti sama yang minjem? Kalo nggak? Nah, pikiran orang pelit biasanya udah jauh ke sana.

E. mang buat apa?

Mau pinjem sama orang pelit itu repotnya kayak ibu mau beranak tapi pengen beranaknya di atas pohon. Ribet.

Mereka bakalan ngasih pertanyaan-pertanyaan yang kalo kamu print bisa kayak soal UN. Ujian Nyesek. Birokrasinya panjang. Padahal kamu cuma pengin pinjem penggaris doang, dia nanyanya buat apa keperluannya?  Ya buat nggaris lah, masa buat ngrampok spion mobil.

Kalo alesan kamu dirasa kurang memadai, ya gagal acara peminjeman barang tersebut.

L. ama gak minjemnya?

Orang pelit itu biasanya suka itung-itungan waktu. Tapi dia sendiri suka telat. Tapi kalo ada yang minjem, bakalan dicek dulu, mau brapa lama minjemnya? Pas lagi dipake, dipantengiiiiinnn terus. Udah kayak lagi nonton lomba keong. Tar kalo kamu lewat dari bates waktu, ya ada kompensasinya lagi. Denda lewat batas waktu gitu.. hii.. riweuh.

I. lang awas aja!

Kalo dipinjemin aja riweuh, jangan sampe kamu ngilangin barangnya orang pelit.  Mereka bakal wanti-wanti di depan, kalo barang yang dipinjem sampe rusak, bakalan.....

Karena itu kalo sampe ilang, tau sendirilah ya akibatnya kayak apa. Orang pelit itu saking pelitnya mereka bakalan sayang banget sama barang mereka. Saking sayangnya kalo barangnya belom rusak, dia gak bakalan beli yang baru. Suka liat kan orang masih pake hape gak berwarna zaman sekarang? Dan kamu tau dia pakenya udah dari jaman milenium awal. Ya itulah...

T. erpaksa nih

Kalo kamu sampe dipinjemin, kamu berhasil? Jangan seneng dulu. Ketika barang itu sampe di tangan kamu, banyak wejangan-wejangan dan rasa ‘keberatan’ yang dialusin keluar dari si orang pelit. Mereka bakalan terlihat seperti ‘ terpaksa banget’ untuk menyerahkan barangnya. Dan ada beberapa kondisi yang buat kamu jadi gak enakan buat makenya. Rasa ditungguin, rasa kalo rusak jadi gak enak, rasa bersalah itu muncul dan terngiang-ngiang.

Yang namanya orang pelit, ada aja yang emang pelit beneran, ada juga sih yang pelitnya musiman, sama barang-barang tertentu aja. Karena kita udah ngasih alesan-alesan di atas, semoga aja ke depannya kalian lebih siap nerima alesan itu, dan udah diperkuat dengan timpalan yang lebih manjur. Jadi mereka gak bisa berkutik lagi. Jangan lupa juga berdoa biar dosa-dosa mereka diampuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar