Jumat, 16 Agustus 2013

Kegiatan Nunggu Ngantuk yang Malah Bikin Nggak Bisa Tidur



Apa yang kamu lakukan kalau sudah selesai berkegiatan dan jam sudah mendekati waktu tidur? Sebelum nyampe kasur, mata itu terasa berat dan rasanya pengin langsung tidur aja. Semua berbeda ketika kamu sampe kasur, mata kamu malah segar bugar. Sama mata aja di-PHP-in.

Pasti kamu berpikir untuk melakukan sesuatu dulu kan untuk menunggu rasa ngantuk tiba.

Tapi setelah Nyunyu selidiki ternyata ada beberapa aktivitas yang kamu lakukan sebelum tidur justru malah bikin kamu jadi seger, tidur pun jadi tertunda. Apa sajakah itu?

Stalking

Ini nih kebiasaan anak-anak zaman sekarang. Pas udah siap tidur, udah rebahan di kasur, udah selimutan eh bukannya langsung tidur malah mainan hape. Yang awalnya cuma mau baca timelineTwitter aja eh keterusan jadi stalking, gatel gara-gara lihat si ini mention-mentionan sama si itu. Terus kamu jadi penasaran apakah yang terjadi di antara mereka atau kamu tiba-tiba keinget gosip di TV dan pengen ngecek langsung akun Twitter si seleb yang digosipin itu. Rencana tidur pun berubah jadi petualangan detektif Twitter. Kalau itu udah terjadi biasanya susah banget tuh berhentinya. Selalu ada aja yang bikin kamu penasaran.

Belum lagi, kalau judulnya stalking gebetan, ujung-ujungnya suka menemukan fakta yang nggak menyenangkan, galau deh. Gak bisa tidur. Dan tanpa kamu sadar, kamu sudah menghabiskan waktu berjam-jam untuk itu. Selamat, waktu tidurmu berkurang!

Chatting

Entah itu ngobrol sama pacar lewat telpon atau chat sama teman-teman di grup messenger, keduanya berpotensi untuk memperlambat tidurmu. Kalau sudah ngobrol itu kita suka lupa sama tidur, apalagi kalau obrolannya seru. Walau kamu niatnya cuma mau menyimak obrolan di grupmessenger, tapi tetap aja pelan-pelan kamu juga bakal tertarik ikutan. Masa temen-teman kamu lagi perang emoticon untuk ngejek-ngejek kamu, tapi kamu biarkan begitu saja. Counter attack!

Nonton TV atau Baca Buku

Kami tahu, menonton TV atau baca buku memang berpotensi mendatangkan kantuk. Tapi kamu juga perlu tahu, bahwa kadang tontonan atau bacaan yang kamu pilih justru sangat seru sehingga membuat kamu lupa tidur. Menonton pertandingan sepak bola atau film action misalnya, kamu pasti jadi dibuat tegang dan penasaran untuk mengetahui ending acara tersebut.

Nah, yang bikin nggak enak lagi adalah ketika acara atau bacaan udah selesai kamu lahap badan kamu jadi segar seada-adanya, alhasil kamu nggak mau tidur sama sekali. Untuk itu, jika ingin tertidur dengan menonton TV pilihlah channel yang sudah nampilin gambar semut-semut penanda kalau siaran hari itu sudah selesai. Dijamin tiga sampai lima detik kemudian kamu akan terlelap. Dan kalau milih buku, biar cepet ngantuk dan cepet tidur, cobalah pilih buku pelajaran, semacam buku fisika quantum gitu.

Melamun

Melamun alias merenung a.k.a berpikir itu memang penting untuk dilakukan. Agar kamu bisa menghayati dan mendalami suatu fenomena. Tapi berpandai-pandailah dalam menentukan waktu untuk melamun. Soalnya, nggak jarang juga lamunanmu jadi nggak berujung. Jadi, nggak usahlah kamu melamunkan kenapa kecoak dikasih mukjizat bisa terbang, kenapa seorang cowok nggak bisa jadi polwan, dan sebagainya ketika kamu mau tidur.

Olahraga

Ngaku deh, pasti ada kan dari kamu yang demi mencari kantuk malah olahraga di kamar, push-upatau lari di tempat biar kamu capek sendiri. Ya secara logika sih memang ada benarnya, tapi nggak jarang juga setelah olahraga badan kamu malah jadi segar. Udah gitu setelah olahraga kan kamu jadi berkeringat dan merasa butuh mandi tuh. Semakin lunturlah rasa kantukmu itu.

Dari uraian yang sudah disampaikan tadi kamu sudah kebayang kan apa yang perlu dilakukan sebelum tidur agar kamu tidurmu lancar? Ya, lepas semua kegiatanmu, rebahkan tubuhmu, pejamkan matamu, tubuhmu butuh istirahat tanpa basa-basi. Kalau ngelepas gadget pas mau tidur, jangan harap deh bisa tidur cepet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar