Rabu, 06 Februari 2013

Kekerasan dalam Film



Suatu hari NYUNYU ngeliat dua bocah lagi tiban-tibanan. Kirain lagi berantem, NYUNYU udah berinisiatif misahin, eh, ternyata mereka lagi main Smackdown-Smackdown-an. Tau acara Smackdown, kan? Itu, lho, acara di mana para pegulat saling banting, sikut, tiban, piting di atas ring. Acara ini pernah populer banget di Indonesia, khususnya di kalangan anak-anak. Saking populernya anak-anak yang nonton sampe niruin gaya berantem para pegulat ini di kehidupan sehari-hari. Bahkan, pernah ada kasus seorang bocah ngalamin patah tulang gara-gara main Smackdown sama temennya.

Wah, segitu berpengaruhnya tontonan televisi bagi yang nonton? Iya banget. Kadang kalo lagi nonton sinetron aja kita suka ikut-ikutan sebel kan sama tokoh antagonisnya. Kalo ikutan nangis pas nonton sinetron masih nggak apa-apa deh. Paling kita malu kalo ketauan temen kegep lagi nangis-nangis gara-gara sinetron trus dicengin seumur idup. Nah, kalo yang kita tonton itu film psiko yang ada adegan bunuh-bunuhan trus kita jadi ikutan psiko gimana? Hiiiy..ngeri kan? Tapi ada lho yang sampe segitunya. Kejadian paling heboh ya peristiwa penembakan yang menewaskan 14 orang dan melukai 50 lainnya Jumat dini hari  pas lagi heboh-hebohnya film The Dark Knight Rises baru keluar, di Colorado, Amerika Serikat. Seorang penembak beraksi di pemutaran perdana film Batman. Katanya, si penembak terinspirasi fim Batman ini. Waduh..

Ngeri, ya? Makanya, hati-hati deh milih tontonan. Selain nyiapin duit, kalo mau nonton di bioskop, mental juga harus disiapin. Kalo mental kita lagi drop atau kesambet, bukan nggak mungkin kejadian di atas terjadi sama kita. Bayangin abis nonton film The Raid, kalo kesel dikit sama orang bawaannya pengen matahin leher tuh orang, ke mana-mana harus bawa senjata plus rompi anti-peluru, trus ngintai tempat-tempat yang kita curigai sarang teroris. Nyusahin, kan? Tapi itu bisa aja kejadian. Eh tapi jangan deh, astaghfirullah! Bayangin juga kita nonton SAW yang ada perselingkuhannya. Kalo pacar kamu terlalu menghayati bisa-bisa abis itu dia bakal nyurigain kamu setiap waktu. Kalo kamu sampe ketauan nyelingkuhin dia, tamatlah riwayat kamu. Kejadian di film SAW bakal kejadian sama kamu. Hiiiiyyy... Jangan juga nonton film Rocky Balboa sama pacar. Kalo abis nonton kalian berantem, bisa-bisa idung kamu patah karena pacar jadi terinspirasi Rocky untuk ninju kamu.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang nggak diinginkan, dampingi adek atau ponakan kamu kalo lagi nonton film yang ada unsur kekerasannya. Kasih penjelasan yang bener biar mereka nggak niru. Trus, kalo nonton sama pacar nggak usahlah film yang aneh-aneh, bunuh-bunuhanlah, tonjok-tonjokanlah. Film yang romantis-romantis aja biar adem. Atau sekalian aja nonton film dokumenter tentang flora dan fauna biar kalian lebih menghargai alam semesta. Lebih adem ngeliat monyet suap-suapan pisang atau semut ngegotong makanan daripada liat darah berceceran, kan? Oke sip!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar