Rabu, 06 Februari 2013

Gimana sih cara bedain waktu antarnegara?



Awalnya mari kita teliti lebih lanjut bagaimana persisnya perbedaan itu terjadi. Kalau kita cermati peta dunia, pada bujur 180 derajat  terdapat garis batas tanggal. Garis ini menunjukkan bahwa dalam waktu yang bersamaan, semisal wilayah di sebelah barat batas (Hongkong, Jepang, Papua New Guenia, Tasmania, Australia dan Asia seluruhnya) sudah menunjukkan hari senin, tetapi di wilayah sebelah timur garis (Meksiko, Canada, Amerika Utara, Tengah dan selatan) masih hari senin. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh wilayah di permukaan bumi ini masing-masing mengalami waktu yang berbeda satu sama lain.
Secara alamiah, Bujur yang melingkari permukaan bumi adalah +180 derajat bujur barat (BB) dan -180o bujur timur (BT), yang kalau dijumlahkan seluruh permukaan bumi adalah 360o. waktu matahari yang digunakan rata-rata untuk sehari semalam adalah 24 jam. Jadi setiap (360 / 24) = 15o bujur waktunya berbeda 1 jam (60 menit), atau setiap 1o berbeda 4 menit.
Dengan demikian nilai bujur suatu tempat menentukan perbedaan waktu. Tiap selisih 15o berbeda waktunya adalah 1 jam, atau tiap selisih 1o terjadi perbedaan waktu selama 4 menit. Pedoman waktu yang digunakan di dunia adalah waktu yang berlaku di kota Greenwich, atau biasa disebut GMT (Greenwich Mean Time). Wilayah yang berada di sebelah timur kota Greenwich (Bujur Timur) setiap selisih 15o bujur waktunya bertambah 1 jam. Sebaliknya wilayah di sebelah barat kota ini (Bujur Timur) setiap 15o bujur waktunya berkurang 1 jam.
Kayaknya dari pada ribet-ribet urus masalah perbedaan waktu… lebih baik kita nikmatin aja yang ada dan yang diberi sama alam semesta. Mending kita apalin satu-satu.  Contoh :  Belanda sama Jakarta beda waktu 5 jam, Jakarta - Bali – Singapore beda 1jam dan Jakarta – Bangkok sama waktunya. Lebih mudah bukan? Atau ngga, kita kepoin aja gebetan yang kuliah di Afganistan lagi update apa di twitter atau path-nya.
Gimana ya, nasib para LDR-an? Gimana kalo pacar LDR di Amrik? Aduh, 12 jam bedanya. Karena Jakarta punya waktu lebih dulu dibanding Amrik, maka pasanganmu adalah masa lalu, dan kita sebagai anak Jakarta adalah masa depan.  Nyambung ngga sih pacaran beda 12 jam? Dengan penuh pengorbanan waktu ini, dipertaruhkan rasa cinta kepada pasangan anda, walau pastinya kaya orgil yang mantengin laptop untuk sekedar  ngobrol lewat skype sambil kecup kening pasangan lewat laptop
Semisal itupun terjadi pada kalian yang LDR dan kejauhan. Harap bersabar, namanya juga semesta punya jalannya sendiri. Indahnya perbedaan, termasuk perbedaan waktu ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar