Senin, 21 Oktober 2013

SETIAP PHOTO BAGIAN MASA LALU



Setiap foto adalah sepotong momen dari masa lalu kamu. Dan setiap ingatan adalah kisah yang menanti untuk diceritakan kembali. Coba, kamu inget-inget, dari sekian panjang umur kamu, pasti ada banyak hal yang bikin kamu senyam senyum sendiri, bikin sebel sendiri, atau bikin ketawa rame-rame. Pasti ada kan?

Yuk, siap-siap, ikut kami bernostalgia, kembali lagi mengenyam jenjang pendidikan, dari kelas dasar hingga sekolah tinggi.

SD: Masa-masa Pertumbuhan


kredit : @thepopoh

Ingatkah kamu hari pertama masuk kelas 1 SD? Tergantung dari kondisi kamu di rumah, kamu bisa jadi anak yang histeris gak mau ditinggal orang tua kamu sendirian di kelas bersama gerombolan anak kecil seumuran yang gak kamu kenal. Atau jadi anak itu yang bingung kenapa ada anak kecil di sebelahnya yang histeris, mewek, sampe ingusnya beleberan ke mulut.

Lupakan kata orang kalo waktu remaja adalah waktu di mana kamu belajar bersosialisasi, mencari jati diri, ataupun kenal sama lawan jenis. Dengan bentuk yang berbeda, semua itu ada sewaktu kamu masih SD. Di sini kamu belajar bersosialisasi dengan cari temen yang pinter (buat belajar nyontek), mencari jati diri (main semua mainan, aktivitas –kucing-kucingan–, dan olahraga yang kamu bisa lakukan dengan semua teman yang kamu bisa ajak), ataupun kenal sama lawan jenis (dijailin sampe nangis atau curi-curi pandang waktu di kelas). Semua kebiasaan-kebiasaan kamu di sini akan menjadi template kamu sampe dewasa.

Dan jangan lupa bahwa entah kenapa ada aja yang berak di celana waktu di kelas. Ini merupakan salah satu contoh akibat kurangnya kemampuan bersosialisasi, kekurangan kecakapan dalam hal sekadar bilang pengin eek.

SMP/SLTP ataupun entah apa namanya itu sekarang


Nabilah JKT48. Masih SMP dah cakep betul.

Selamat, kamu sudah berhasil survive dari 6 tahun masa-masa orientasi kamu akan pengenalan dunia pendidikan. Darah dan air mata tidak percuma kamu teteskan (waktu jatoh pas latihan naik sepeda). Dan kamu seneng banget bisa ganti warna celana, dari merah ke biru. Tapi ketika kamu kira semua akan baik-baik saja, kamu bakal ketemu...

Jerawat pertama. Senior. Cewek/cowok yang cakep banget di kelas sebelah. Rambut pubik pertama. Pelajaran baru. Lari 5 kilometer pertama. Hormon seksual. Ekskul. Mens pertama. Les pelajaran atau olahraga di luar. Atau semua itu pada saat bersamaan.

Sebagian orang melalui fase ini dengan menjadi ganteng/cantik. Atau sisanya menjadi bingung dan awkward. Ada yang numbuh dadanya, padahal nungguin jakun, ada juga yang ketauan nonton bokep terus dihukum guru. Beberapa survivedengan pola makan dan olahraga yang benar, mereka menjadi atletis seperti Bubur. Atau Burhan yang kebingungan pas mimpi basah pertamanya.

Bro dan sis, tidak ada yang menyiapkan kamu untuk semua ini. Kamu bakal banyak ngalamin hal-hal pertama kamu di saat ini.

SMU/SMA/SLTA atau sekarepnya Depdiknas namanya apa



Ini adalah masa-masa terbaik di usia remaja kamu. Percayalah. Kamu udah mulai tau mesti ngapain, sama siapa, dan kapan dilakuinnya. Burhan naksir Anyep? Santai, bisa belajar sepik sama Bubur yang udah jago. Anyep ngefans sama boyband Korea? Santai, udah join fans club-nya di Twitter. Bagi yang belajar bandel udah paham beli rokok di mana, bagi yang alim udah tau spot-spot belajar asik di mana.

Di sini kamu udah mulai ganjen dan sotoy, kamu udah mulai belajar tau dengerin musik apa, dandan kayak gimana, dan nongkrongnya di mana. Inevitable alay phaseawal kamu di sini mulainya. Kalo gak percaya, liat foto SMA kamu sendiri 5-10 tahun lagi.

Tapi SMA itu gak selamanya indah coy. Di sini juga kamu mulai ngerasain drama-drama yang lebih dalam dibanding waktu SMP. Kamu mulai berani sama orang tua, kamu sukanya nongkrong terus sama temen-temen kamu. Pokonya kalo ada yg punya masalah, kamu ikut-ikutan pusing. Belom lagi berantem sama pacar, udeh kayak masalah punya dia yang paling pelik sedunia. Padahal mah entar kuliah juga udah gak pernah berhubungan lagi. Cks.

Apa pun itu, kenangan indah kamu bakalan banyak banget di masa ini.

Kuliah (kuli mengejar ijazah)


ini kamu waktu ngulang mata kuliah pengantar yang ke 3 kalinya.

Segala hal yang telah kamu lakukan (atau tidak kamu lakukan) berakumulasi di sini. Keputusan-keputusan yang kamu ambil akan menentukan kamu kuliah di mana, jurusan apa, dan entah berapa lama.

Wuih, rasanya campur aduk. Antara excited campur serem. Hal-hal pertama yang kamu lakukan waktu pertama kali masuk kuliah adalah merasa merdeka. Yang dulunya gak pernah gondrong waktu kuliah langsung jadi gondrong (+dekil). Yang dulunya ga pernah bandel di sini akan coba-coba. Terus sering banget keluyuran bareng temen-temen. Bisa sesumbar segala macem, soalnya temen-temen baru kamu gak tau kamu aslinya kayak gimana.

Kalo kamu kuliah di kampus yang mahasiswanya dari macem-macem sudut nusantara, kamu bakal ketemu cerita-cerita baru disini. Kamu bakal mulai mikirin masa depan (kalo dulu cuek-cuek aja). Kamu bakalan ketemu kebiasaan-kebiasaan baru, pemikiran-pemikiran baru, temen-temen baru. Ngekost atau nggak, kamu bakalan sering banget nongkrong di tempat yang namanya kostan itu.

Kamu harusnya udah lebih dewasa di sini. Bukan, bukan dewasa-dewasaan, tapi dewasa beneran. Kamu bakalan bertanggung jawab atas hidup kamu sendiri. Yang cewek dah mulai gelisah pengin dinikahin, dan yang cowo gelisah pengin ngawinin anak orang.

Kedengeran serem? Kamu gak bakalan tau kalo belom pernah ngalamin.

Dan di masa kuliah ini, adalah konklusi fase pertama di hidup kamu. Setelah ini, kamu akan mulai mengenal dunia kerja kalo dulunya belum pernah. dan for better or worse, selepas kuliah, selamat datang di kehidupan sebenarnya.

Demikian kisi-kisi evolusi kehidupan kamu dari SD hingga kuliah versi kami. Gak mungkin akan sama 100% dengan yang akan kamu alami, tapi you'll get the idea.Nikmati hidup kamu, karena hidup cuma sekali, dan terlalu singkat untuk kamu sia-siakan.

Sebagai penutup, adakah di antara kisi-kisi di atas yang pernah terbayang atau bahkan pernah dialami olehmu? Coba ceritakan sama kamu dan teman-teman yang lain. Mari...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar